Senin, 19 Oktober 2009

SEKTOR SELATAN

Gumuk Kantong
Gumuk Kantong terletak di Muncar. Gumuk Kantong
merupakan benteng pertahanan yang dibuat oleh Jepang. Jarak Gumuk Kantong ke Banyuwangi sekitar 36 km.


MUNCAR

Muncar adalah pelabuhan terbesar kedua setelah Bagan Siapi-api. Dengan demikikan berarti bahwa Muncar adalah pelabuhan terbesar di Jawa Timur. Pemandangan aktivitas nelayan di pelabuhan dapat dilihat di sini, serta berbagai perahu nelayan baik yang tradisional maupun yang modern dengan berbagai hiasan dan ornamen-ornamennya. Untuk mencapai Muncar sangatlah mudah. Kendaraan umum tersedia hingga ke pantai. Muncar terletak di sebelah Selatan Banyuwangi. Pada bulan Sura, selalu diadakan perayaan petik taut. Petik laut ini ada sejak berkembangnya Luhpang-pang menjadi pusat kegiatan penangkapan ikan. Pada awalnya upacara ini diadakan berdasarkan "Pranatamangsa", tetapi kini upacara ini diselenggarakan setiap bulan Suro. Petik laut Muncar merupakan kegiatan yang sakral. Di dalam upacara ini, miniatur perahu yang diisi penuh dengan sesaji seperti kepala kambing, berbagai macam kue-kue, buah-buahan, pancing emas, opium, dan dua ayam hidup yang kemudian kesemuanya dilarung di lautpada malam mempersiapkan sesaji di perahu miniatur, banyak orang-orang yang tidak tidur semalaman. Beberapa dari mereka ada yang membaca kitab suci Al-qur'an. Pada pagi harinya, sebelum. perahu miniatur tersebut dilarung ke laut, perahu ini diarak keliling desa, yang istilahnya disebut dengan “Idher Bumi".

TAMAN NASIONAL ALAS PORWO
Tempat terlindung kehidupan liar di Semenanjung Blambangan juga dikenal dengan Alas Porwo. Porwo berarti awal dari segala sesuatu Luas dari Alas Porwo 42 hektar pesegi yang kaya dengan keanekaragaman binatang, terutama banteng, menjangan, babi hutan, dan burung merak. Ada banyak gua di dalam hutan Alas Purwo yang terlindung oleh lebatnya tumbuhan

PADANG RUMPUT SADENGAN
Sadengan merupakan tempat binatang-binatang Taman Nasional Alas Porwo merumput makanan segar. Para pengunjung biasa melihat binatang-binatang liar seperti banteng, menjangan, babi liar, burung merak, unggas hutan, dan beraneka ragam burung. Para pengunjung dapat melihat binatang-binatang liar yang sedang merumput di pagi dan sore hari dari tower pengintai.
NGAGELAN
Ngagelan adalah tempat pengembangbiakan Penyu. Ngagelan terletak 7 km kearah barat dari pantai Trianggulasi. Ngagelan jaga merupakan tempat panetasan anak-anak penyu. Banyak dari para siswa atau siswi melakukan penelitian disini.










JELAJAH KE GUA ISTANA

Gua istana terletak kira-kira 2 km dari Pancur atau 2 jam treking dari sadengan. Tempat ini biasanya digunakan untuk meditasi. Gua lain di sekitar istana adalah gua Padepokan dan gua Putri. Jalan menuju gua sangat mengesankan para pengunjung berjalan dibawah rimbunya hutan Taman Nasional Alas Purwo. Anda bisa melihat banyak tumbuhan hutan hutjan yang belum pernah anda lihat sebelumnya , atau mendengar suara aneh dari binatang hutan semacam burung. Kadang para pengunjung menyeberangi sungai kecil dangan hati-hati di atas kayu yang mengangkangi kedua sisi sungai. Kadang para pengunjung harus merangkak di bawah serumbu bambo yang tumbang.

Pura Luhur Giri Saloka
Pura ini salah satu pura kuno bersejarah yang terletak di tengah hutan yang sunyi dan hijau melengkapi keindahan alam disekeliling pura, terletak dalam kawasan Taman Nasional Alas Purwo, 60 km dari Banyuwangi. Pura luhur ini selalu ramai dikunjungi orang terutama pada hari raya Rajegwesi, suatu upacara untuk menyucikan benda keramat dengan memercikkan air suci yang berasal dari 7 mata air yang berbeda



PANCUR
Pancur adalah sebuah tempat dimana air mancur dari tawar kecil alami mengucur dekat pantai. Pancur merupakan tempat yang teduh dan sangat ocok untuk bersantai. Di sana juga ada tempat untuk berkemah. Para pengunjung bisa mendirikan tenda perkemahan di sana. Para pengunjung dapat menginap sambil menikmati suara deburan ombakdan suara binatang liaaqr dari hutan. Pancur terletak 3 km dari Trianggulasi



PANTAI GRAJAGAN
Pantai Grajagan merupakan pantai yang menarik untuk dikunjungi. Pantainya luas di selimuti oleh pasir bersih. Di seberang pantai, bukit yang gagah terhunjam ke bumi dengan kuatnya. Pemandangan kampung nelayan menambah pesona Grajagan. Wisatawan dapat membeli jenis ikan laut hasil tangkapan nelayan. Gua pertahanan jaman Jepang juga bisa dinikmati. Cottage tersedia di tempat wisata ini. Grajagan terletak kira-kira 53 km kearah selatan dari Banyuwangi.

PANTAI PLENGKUNG ATAU G-LAND
Pelengkung di kenal sebagai pantai terbaik untuk surfing di dunia. Nama pelengkung juga sering disebut dengan G-Land , huruf G berasal dari kata Grajagan, nama dari sebuah teluk yang memiliki ombak ysng besar. G-Land dikelilingi oleh hutan hujqn tropis yang masih alami. G-Land menawarkan olahraga surfing yang paling di gemari oleh para pesurfer dan disarankan hanya untuk para pesurfer professional. Bulan Mei sampai Oktober adalah bulan terbaik untuk surfing. Tidak diragukan lagi bahwa G-Land merupakan surga bagi para peselancar.
Kebanyakan dari para peselancar berangkat dari Bali, melalui Banyuwangi lansung ke G-Land atau ke Grajakan, kemudian menyewa boat ke pantai Pelengkung.
Akomodasi
Ada cottage dan jungle camp dekat pantai tersedia untuk para pengunjung.
Bagaimana Mencapai Pantai Pelengkung atau G-Land
Pantai Pelenkung terletak di pantai selatan Banyuwangi, ujung timur Jawa Timur. Para pegunjung dapat mencapai Pantai ini dengan dua jalur: darat maupun darat dan laut.
Lewat Darat: Banyuwangi-Kalipahit (59 km) naik bus, Kalipahit Pasaranyar (3 km) dengan ojek atau menyewa mobil, Pasar anyar Trianggulasi-Pancur (15 km) Pancur-Pelengkung (9 km) dengan mobil khusus.
Lewat Darat-Laut: Banyuwangi-Benculuk (35 km) naik bus atau kendaraan umum lainya, Benculuk Grajagan (18 km) Grajagan Pekengkung dengan Speed Boat.
Kedua jalur menuju Plengkung tersebut semuanya tidak ada masalah. Jika pengunjung memilih melalui Grajakan penginapan di Pantai Grajagan tersedia, dan para pengunjung bisa menikmati keindahan Pantai Grajagan sebelum berangkat ke pantai Plengkung.


SEGARA ANAKAN
Segara anakan cocok untuk olahraga layar dan memancing. Segara Anakan masih alami dan belum dikembangkan. Tempat ini merupakan tempat objek wisata hutan mangrove yang alami. Para pegunjung dapat mengunjungi Segara anakan melalui Grajagan dengan perahu. Dari Grajagan ke tempat ini butuh waktu kira-kira 45 menit.



PANTAI LAMPON
Pantai Lampon tidak jauh dari Pulau Merah. Pantai Lampon terletak di kecamatan yang sama Pesanggaran. Ombaknya tinggi, dan alamnya juga indah. Ada gua yang menarik di sebuah bukit, yang digunakan sebagai pengintai musuh pada j aman Jepang.








PULAU MERAH
Pulau merah artinya pulau yang berwarna merah. Pulau merah adalah’d sebuah bukit kecil dekat pantai dengan pantai berpasir putih sepanjang kurang lebih 3 km. Pantai Pukau Merah juga memiliki ombak yang bagus untuk surfing. Ketika laut surut, para pengunjung dapat mengunjungi tempat ini dengan berjalan kaki. Sebelum sampai di Pancer para pengunjung bisa mampir ke Pulau Mereh. Di area ini, dekat dangan Pantai, ada pura yang biasanya digunakan sebagai tempat untuk penyelenggaraan upacara hindu, Mekiyis, yang dilaksanakan setiap tahunya oleh umat Hindu.

PANTAI PANCER
Pantai Pancer terletak di pantai Pulau Jawa sebelah Selatan, di kecamatan Pesanggaran, Banyuwangi. Dari terminal Jajag
sampai ke Pancer butuh kurang lebih 1 jam perjalanan dengan kendaraan umum. Pemandangannya indah. Kebanyakan dari penduduknya adalah nelayan. Berbagai macam ikan laut dijual di sini, terutama dipagi hari.


PANTAI RAJEGWESI
Pantai Rajegwesi terletak di Desa Sarongan, Kecamatan Pesanggaran.. Jalan menuju Rajegwesi juga indah. Para pengunjung melewati daerah perkebunan. Jalan yang teduh menyambut para pendatang. Bukit¬bukit, perkebunan, dan rumah-rumah ada di sisi kiri kanan jalan. Para penduduknya bersahabat dengan para pendatang. Sementara, pantai,pya indah dan alami. Ombaknya tidak terlalu tinggi, sehingga para pengunjung bisa mandi dan berenang di pantai. Rajegwesi juga merupakan tempat yang menghubungkan tempat-tempat indah lainnya, seperti: Teluk Hij au dan Sukamade.


TELUK HIJAU
Teluk Hijau berada di Kecamatan Pesanggaran. Jarak Teluk Hijau dan Rajegwesi kira-kira 2 km. Pemandangan yang indah dan alami dapat dilihat sepanjang mata memandang. Udara segar dari pantai yang dipadu dengan udara dari hutan hujan tropis Taman Nasional Meru Betiri sangat mengesankan. Pemandangan dari atas bukit di samping teluk sungguh mengagumkan.

PANTAI SUKAMADE

Jarak Pantai Sukamade kira¬-kira 97 km ke arah Barat Daya dari Banyuwangi.,Pantai Sukamade merupakan pantai yang tenang, dan indah, Pada mulanyapantai ini ditemukan oleh Belanda pada tahun 1927. Karet, kopi dan coklat ditanam di tanah perkebunan seluas 1200 hektar. Sukamade merupakan hutan lindung alam di Jawa Timur yang berhubungan dengan penangkaran penyu. Perjalanan malam hari ke Pantai Sukamade menjadi tak terlupakan. Para pengunjung di bimbing oleh para pemandu penjaga hutan yang berpengalaman untuk melihat penyu yang mendarat ke pantai dan bertelur di pantai pasir. Penyu betina biasanya bertelur hingga ratusan yang di letakkan di dalam pasir di pantai. Penyu betina biasanya mulai mendarat di pantai jam 07.30 malam dan kembali ke laut pada jam 12.00 malam hari. Bulan Nopember hingga Maret adalah musim penyu bertelur, Jalan ke Sukamade sangat menantang untuk dijelajahi. Sepanjang jalan untuk mengunjungi tempat ini, para pengunjung bisa berhenti di Pantai Rajegwesi. Anda jangansampai melewatkan Teluk Hijau, sebuah teluk hijau yang fantastik dengan karang terjal yang indah mengitari. Berpesiar di pagi buta untuk melihat binatang-binatang yang merumput di padang rumput juga mengesankan. Tempat-tempat tersebut merupakan tempat yang masih alami yang harus anda tahu diujung timur pulau Jawa,


SEKTOR BARAT

KALIBARU

Kalibaru merupakan salah satu kecamatan di banyuwangi yang berada paling barat . Jarak dari pelabuhan Ketapang kira-kira satu jam setengah denga naik bus. Kalibaru merupakan dataran tinggi, udaranya sejuk dan pemandanganya indah. Banyak perkebunan coklat dan kopi di daerah ini.pengunjung juga bisa melihat para pengrajin tradisional mengerjakan peralatan dapur, dan membelinya di sepanjang jalan Kalibaru. Terowongan kereta api di bawah gunung mrawan bisa dinikmati dengan naik kereta. Penginapan dan hotel tersedia di daerah ini; seperti Kalibaru cottahge, Margo utomo dan lain sebagainya.

ARUNG JERAM KALIBARU
Sungai Kalibaru sepanjang 5 km menjadi arena olah raga yang mendebarkan. Sumber mata air jernih berasal dari lereng Gunung Raung membentuk panorama alam yang luar biasa, tebing curam, hutan perawan, perkebunan, serta keramah-tamahan penduduk desa akan membuat petualangan anda tidak pernah terlupakan. Operatornya saat ini adalah: Margo Utomo Hill & View Cottage, Kalibaru


KENDENG LEMBU

Kendeng Lembu terletak di Kecamatan Glenmore. Jaraknya kira-kira 60 km dari Banyuwangi. Untuk mencapai tempat ini, para pengunjung bisa naik kendaraan umum dari Banyuwangi ke Glenmore, kemudian pergi ke Kendeng Lembu.












PERKEBUNAN TREBASALA DAN AIR TERJUN 27 TINGKAT
perkrebunan ini terletak dikecamatan Glemnore. Dari Glemnore, kira-kira 16 km kea rah selatan. Kopi dan coklat merupakan tanaman utama di perkebunan ini. Di tengah perjalanan di pementasan antara Sungai Lembu dan trebasala terdadat air terjun 27 tinggkat. Air jernih dari atas tebing dikesunyian hutan.










PERKEBUNAN MALANGSARI
perkebunan Malangsari terletak 12 km kearah Selatan Kalibaru. Di lereng gunung menghasilkan Kopi Rebusta dengan aroma khas di produksi disini. Kopi Lanang Malang sari adalah produk unggulan di tempat ini. Penginapan untuk para tamu tersrdia disini.








UMBUL PULE

umbul Pule terletak di desa Gunungsari, Kecamatan Glenmore. Tempat wisata ini terletak kira-kira 10 km ke arah utara dari kota Genteng: Alam pedesaan Gunungsari masih asri. Sawah, gunung, dan hutan adalah pemandangan sehari-hari.
Udaranya sejuk, dan pemandangannya indah di lereng Gunung Raung. Umbul Pule merupakan kolam renang alam. Sumber air yang jernih keluar dari bumi yang bisa langsung diminum, mengalir ke sebuah kolam pemandian Para pengunjung dapat berenang di kolam renang yang bersih dan airnya segar. Dikelilingi hijaunya tumbuhan selada air. Tempat ini dilengkapi dengan bumi perkemahan dan mainan anak-anak.
AIR TERJUN LIDER

Objek wisata alam air terjun terringgi di Banyuwangi adalah air terjun Lider yang berada di desa Sumbcr Arum Kec. Somggon, sekitar 45 km dari Banyuwangi. Air terjun dengan ketinggian 80 m ini sangat indah dan mengagumkan bagi siapa saja yang menyaksikan keasrian pesonanya. Dikawasan hutan lindung dengan hijau pepohonan dan bebatuan yang ada didasarnya serta kebeningan airnya membuat menjadi nyaman untuk dinikmati. Tempat ini dapat ditempuh dengan sedikit treking, melalui jalan kecil yang dikelilingi tanaman kebun yang menghijau dan udara yang segar.













AIR TERJUN WONOREJO
Tempat ini terletak kira-kira 60 km dari Banyuwangi, atau 5 km dari Kalibaru. Air terjun Wonorejo terletak di desa Kalibaru wetan di lereng Gunung Raung, sedangkan pemandian Alam Jatirono terletak di desa Kajarharjo. Kedua tempat pariwisata ini teletak di Kecamatan Kalibaru taman kopi, dan coklat menyelimuti tempat ini. Tempatnya sejuk & indah. Para pengunjung bisa menginap di Kalibaru.





CANDI KERAMAT GUMUK KANCIL

Candi ini berada di daerah terpencil, dibangun diatas bukit di lereng Gunung Raung dengan pemandangan alam di sekitarnya amat menakjubkan menambah keindahan panoramanya, tepatnya di dusun Wonoasih, desa Bumiharjo, Kecamatan Glenmore, sekitar 60 km dari Banyuwangi .
Tempat persembahyangan umat Hindu ini dipercaya sebagai tempat dimana Resi Markandya melakukan tapa brata sebelum ke Bali. Dikunjungi banyak orang terutama pada hari raya Saraswati, upacara yang dilaksanakan umat Hindu dalam rangka memperingati turunnya ilmu pengetahuan


SEKTOR TENGAH

PANTAI BLIMBING SARI

Pantai blimbingsari terletak di kecamatan Rogojampi, kira-kira 23 Km dari banyuwangi Sarana jalan menuju ketempat ini sudah baik, dan ~ kendaraan
umum juga sudah ada. Blimbingsari merupakan pantai yang indah dan bersih. Banyak para pengunjung yang datang terutama pada hari Minggu. Para pengunjung dapat menikmati keindahan pantai. Upacara petik laut Blimbingsari biasanya diadakan setiap bulan Suro. Blimbingsari juga terkenal dengan ikan bakar.




PERMANDIAN PANCORAN
pemandian Pancoran terletak di Kecamatan Rogojampi. Desa Pancoran. Jarak pemandian pancoran dari kota Rogojampi kurang lebih 2,5 Km atau sekitra 17 Km dari kota Banyuwangi, ke arah selatan. Ada beberapa fasilitas yang bisa dinikmati oleh para pengunjung. Para pengunjung dapat mandi di pemandian dan bermain Water Boom. Arena bermain disediakan untuk anak-anak. Para pengunjung dapat menikmati makan siang di cafetaria yang ada di pemandian. Karcis masuk tempat wisata ini Rp. 3.000,- Luas pemandian Pancoran sekitar 2 hektar

PEMANDIAN ALAMI ANTOGAN PESONA
Antogan terletak di desa ~Bunder, Kecamatan Kabat, Banyuwangi. Jarak tempat rekreasi ini ke kota sekitar 15 km, dengan jalan beraspal. Pemandian ini terbentuk secara alami dari air terjun yang berasal dari aliran sungai dan mata air yang jemih. Cuacanya sejuk serta pem'andangannya indah. Tempat ini sangat cocok untuk tujuan wisata.



ROWO BAYU
Rowo Bayu adalah semacam kolam alami yang luas. Letaknya jauh dari keramaian, sehingga sangat cocok untuk rekreasi keluarga maupun untuk para pecinta alam. Pinus adalah tanaman khas dari hutan ini. Rowo bayu terletak di Kawasan hutan Petak 8, kawasan hutan Songgon, bagian dari kesatuan Pemangku hutan Rogojampi, KPH Banyuwangi Barat. Secara administratif, wilalayah ini berada di desa Bayu, Kecamatan Songgon. Para pengunjung bisa mencapai tempat ini dengan kendaraan umum maupun kendaraan pribadi baik dengan kendaraan


SITUS TAWANG ALUN
Letak situs Tawang Alun dari kota Banyuwangi sekitar 12 km. Lokasinya terletak di Desa Macan Putih, Kecamatan Kabat. Situs ini merupakan bekas tempat pemujaan Prabu Tawang Alun.











SITUS PELECUTAN
Situs pelecutan erat hubunganya dengan Situs tawang alun. Konon ini merupakan tempat “Mukso” (menghilangkan) Patih Gringsing dari kerajaan macan putih.




SEKTOR UTARA

TAMAN NASIONAL BALURAN
Taman Nasional Baluran merupakan perwakilan ekosistem hutan yang spesifik kering di Pulau Jawa, terdiri dari tipe vegetasi savana, hutan mangrove, hutan musim, hutan pantai, hutan pegunungan bawah, hutan rawa dan hutan yang selalu hijau sepanjang tahun. Sekitar 40 persen tipe vegetasi savana mendominasi kawasan Taman Nasional Baluran.









PULAU TABUHAN
Pulau tabuhan terletak 20 km dari kota Banyuwangi, tepatnya berada di desa Bangsring, Kecamatan Wongsorejo. Luas Pulau Tabuhan kira-kira 5 hektar. Pemandangan kebun lautnya sangat mengagumkan. Batu Karang adalah rumah dari ribuan ikan kerang, dan tumbuhan laut. Pulau Tabuhan sangat cocok untuk scuba diving, karena airnya sangat jernih.




PELABUHAN KETAPANG
Merupakan suatu pintu gerbang arah masuk ke Pulau Bali dan merupakan pelabuhan Ferry yang berada di ujung Timur Pulau Jawa, tepatnya di Kabupaten Banyuwangi dari arah kota Banyuwangi ke utara kurang lebih 15 km dan bisa disambung dengan menggunakan kereta api turun di Stasiun Banyuwangi baru.





KAWAH IJEN
Kawah ijen merupakan kawah danau terbesar di Pulau Jawa. Kawah balerang berada dalam sulfatara yang dalam. Kedalamanya 200 m diselitmuti kira-kira 36 juta meter kubik air asam beruap, diselimuti kabut bau belerang yang berputar-putar di atasnya. Di dalam kawah berbagai warna dan ukuran batu belerang dapat ditemukan. Sungguh, kawah Ijen merupakan taman batu belerang yang indah.


Pemandangan para penambang belerang yang naik-turun kawah sangat menakjubkan. Sekitar 100 orang membawa bebatuan kuning-kuningan di atas pundaknya dengan berat kira-kira 110 kg tiap orng mondar-mandir, menggali belerang, naik turun, menuruni lereng sebelum beban di jual ke pelelenga, tumpukan belerang sebanyak 6-7 ton perhari. Itulah pemandangan alami Kawah Ijen yang bias dilihat setiap hari. Berada di Kecamatan Licin, 45 km dari kota Banyuwangi.

AGRO WISATA KALIKLATAK
Agro Wisata Kaliklatak merupakan perintis wisata agro di Indonesia. Kaliklatak terletak di Gunung Merapi, di mana Kawah Ijen berada jaraknya kira-kira 15 km kearah barat dari Banyuwangi. Luas Kaliklatak kira-kira 100 hektar. Perkebunan ini dikolola secara pibadi. Komoditas tanaman yang ada antara lain: kopi, coklat, kare, cengkeh dan rempah-rempah. Para pengunjung dapat melihat pemanenan, pemrosesan, pengepakan, di dalam pabrik. terletak di Kecamatan Kalipuro, 17 km dari kota Banyuwangi.


PEMANDIAN ALAM KALONGAN
Pemandian alam Kalongan terletak di Desa Pesucen, Kecamatan Kalipuro. Luasnya 2 hektar. Jaraknya kira-kira 7 km dari Banyuwangi. Lokasi pemandian ini dekat dengan air terjun diantara lahan hutan lindung. Pemandian alam dan tempat untuk berkemah tersedia disini.














AIR TERJUN KALISELOGIRI
Keindahan air terjun Selogiri terletak pada tempatnya yang alami. Air mengucur dari atas tebing diantara pepohonan yang rimbun, seolah para pengunjung berada di sebuah kanopi dengan air terjun di dekatnya. Air terjun Kaliselogiri terletak kira-kira 13 km kearah utara kota Banyuwangi.


WATU DODOL
Watu Dodol terletak di desa Ketapang, Kecamatan Kalipuro, arah utara dari Pelabuhan Katapang. Lokasinya mudah dijangkau.Posisi Watu Dodol dekat dengan jalan utama ke Taman Nasional Baluran. Pemandanganya indah pantainya tertampang disepanjang jalan, sedangkan bukit-bukit di seberangnya. Para pegunjung bisa melihat Pulau Bali dari sini. Sebuah batu besar tertancap diantara jalan utama, yang disebut dengan “Watu Dodol” watu berarti batu, dan dodol adalah semacam kue dodol. restauran dan motel tersedia disini.

AGRO WISATA KALIBENDO
Agro Wisata Kalibendo terletak kira-kira 25 km dari Banyuwang. Tepat pada jalur perjalanan ke atau dari Gunung Ijen Agro wisata ini terletak didataran tinggi. Pemandanganya adalah perkebunan yang khas. Karet, kopi, dan cengkeh diproduksi disini. Udaranya enak dan sejuk. Para pengunjung bisa melihat bangunan tua bekas kantor kerja Belanda.


TAMAN SURUH
Taman rekreasi dan kolam renang Taman Suruh terletak di jalan Kalibondo, Wonosari, Glagah, Banyuwangi. Cuacanya sejuk dan menyenangkan. Kolam renang untuk anak-anak maupun dewasa tersedia disini. Di samping itu arena bermain anak, ruang pertemuan, dan wisata agro, kolam pancing, jogging track, café, dan tempat parkir yang luas disediakan untuk para pengunjung agar merasa nyaman.

BOOM BANTUWANGI, Pelabuhan Tradisional
Pelabuhan tradisional ini terletak pada dermaga tua di pantai Boom Banyuwangi, tempat yang selalu ramai dikunjungi oleh orang terutama pada hari raya Idul Fitri serta setiap Minggu.
Kapal layar, kapal penisi yang terbuat dari kayu tanpa perabot logam dan paku, membongkar muat disana sejak 300 tahun yang lalu.

MIRAH FANTASI
Taman rekreasi laut di tepi pantai berada di Jl. Karimun Jawa dalam kota Banyuwangi, menghadap selat Bali, di atas hamparan rimbunnya pohon mangrove dengan desiran angin pantai dipadu dengan suara burung berkicau, membuat tempat ini cocok dan ideal untuk rekreasi seluruh keluarga.
Tempat rekreasi ini dilengkapi dengan sarana atraksi laut berkelas dunia yang menantang seperti: parasailing (naik parasut ditarik speedboat), banana boat (perahu karet berbentuk pisang), jet sky, menyelarn serta melihat keindahan taman laut menggunakan glass bottom boat.
Bagi pecinta burung, Mirah Fantasia dilengkapi dengan koleksi burung¬burung langka dan menarik dari seluruh dunia, di samping ada sarana tempat bermain anak-anak,water boom, kolam renang, toko
cinderamata, kedai makan serta fasilitas umum lainnya.

TAMAN REKREASI DESA WISATA USING (DWU)
Desa Wisata Usin (DWU) merupakan desa wisata asli Banyuwangi. DWU terletak di Desa Kemiren, Kecamatan Glagah, Banyuwangi . Desa Wisata Using merupakan miniature pusat promosi adat dan budaya asli Banyuwangi. Hampir semua penduduknya adalah asli suku Using (asli Banyuwangi) yang menggunakan bahasa Using.



TAMAN SRITANJUNG

Taman Sri Tanjung terletak di tengah kota. Tempat ini sangat cocok untuk bermain, anak-anak, dan bersantai di sore hari. Di seputar taman dapat ditemui bangunan¬bangunan penting, seperti : perkantoran, pendopo kabupaten, pasar, dan Masjid Agung Baiturahman, masjid terbesar di Banyuwangi. Untuk mencapai tempat ini, pengunjung dapat menggunakan transportasi umum.


SHOPING CENTER

Bila anda ingin memanjakan diri anda dengan menghabiskan isi kocek tentu anda bisa ke pusat perbelanjaan di kota anda Banyuwangi

MAKAM DATUK ABDURRAHMAN

Lokasi makam ini terletak di Kampung Arab dalam kota Banyuwangi. Para pengunjung biasanya berdoa dengan membaca Tahlil Yasin. Para pengunjung yang datang berasal dari Malaysia, Madura, Lamongan, Tuban, Banyuwangi, dan lain sebagainya. Para pengunjung biasanya ramai pada Jum'at Legi.

MAKAM BUYUT WONGSOKARYO CUNGKING
Makam Buyut Wongsokaryo terletak di Lingkungan Cungking. Jarak pusat Kota Banyuwangi ke lokasi sekitar 2 km. Menurut sejarah, Buyut Wongsokarjo adalah orang kepercayaan Prabu TawangAlun
MAKAM BUYUT CILI
Di percaya sebagai cikal bakalnya masyarakat using di desa Kemiren, Kecamtan Glagah, Banyuwangi. terletak di tengah sawah dengan pemandangan alam di sekitarnya yang menakjubkan. Selalu ramai dikunjungi peziarah terutama pada hari Minggu dan Kamis sore. Sesaji utamanya biasanya berupa pecel pitik dan nasi, sesudah diberi doa oleh juru kunci, pecel pitik dan nasi dibagikan kepada pengunjung.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar